Membuat Data Perusahaan Baru

MYOB merupakan salah satu paket software akuntansi yang umum dan cukup popular di Indonesia. MYOB sangat berguna untuk merekam segala transaksi bisnis dan menghasilkan laporan keuangan secara otomatis. Software akuntansi ini dapat digunakan pada perusahaan skala kecil sampai menengah. Berikut ini paparan langkah awal untuk memulai menggunakan aplikasi MYOB Accounting Plus v18 ED. 


Membuat Data Perusahaan pada MYOB
Langkah-langkah yang harus dilakukan:
1. Klik tombol start. Cari program "MYOB Accounting Plus v18 ED". Atau jika di desktop ada shortcut program MYOB, maka langsung double klik di shortcut tersebut. 
2. Didalam kotak dialog yang terbuka terdapat 5 tombol akses

- Open, untuk membuka data(file) MYOB yang telah ada.
- Create, untuk membuat data(file) perusahaan baru.
- Explore, untuk menampilkan data contoh perusahaan yang telah disediakan.
- What’s New, untuk menampilkan file.html yang terhubung dengan internet, yang berisi berita terbaru dalam versi 18 ini.
- Exit, untuk mengakhiri program MYOB.
3. Karena kita baru awal menggunakan MYOB jadi bisa dipilih menu Create. Klik tombol Create untuk memasuki tampilan "Introduction". 
Dibagian ini menjelaskan mengenai salam pembuka dari MYOB dan penjelasan secara singkat mengenai penggunaan MYOB. Klik Next untuk melanjutkan.

4. Masuk ke bagian "Company Information". 
Dibagian ini kita mengisikan beberapa poin mengenai data perusahaan.
- Company Name : diisi dengan nama perusahaan (wajib)
- A.B.N. : diisi dengan kode pajak perusahaan
- Address : diisi dengan alamat perusahaan
- Phone Number : diisi dengan nomor telepon perusahaan
- Fax Number : diisi dengan nomor faximile perusahaan
- Email : diisi dengan alamat email perusahaan
Jika sudah terisi maka bisa klik Next.
5. Masuk ke bagian "Accounting Information". 
Dibagian ini kita mengisikan informasi akuntansi perusahaan.
- Current Finansial Year : diisi dengan tahun terjadinya transaksi. Jadi, jika kita mendapat soal dan bukti transaksinya terjadi di tahun 2019 maka kita bisa mengisi kolom tersebut dengan tahun 2019.
- Last Month of Finansial Year : dipilih dengan bulan terakhir periode pembukuan. Kita harus melihat kebijakan akuntansi perusahaan dibagian umum. Periode akuntansi tahunan berakhir di bulan apa. Jika periodenya semisal 1 januari - 31 desember maka bisa dipilih bulan desember dibagian ini.
- Conversion Month : dipilih dengan bulan terjadinya transaksi. Jadi, jika kita mendapat soal dan bukti transaksinya terjadi di bulan Desember maka kita bisa mengisi kolom tersebut dengan bulan Desember.
- Number Accounting Periods : Terdapat 2 pilihan, Twelve dan Thirteen. Dalam pemilihan ini disesuaikan dengan kondisi soal. Biasanya ada soal yang kebijakannya cuma 12 periode dan nantinya jurnal penyesuaian ditaruh di bulan desember atau periode 12. Ada juga soal yang meminta menggunakan 13 periode dan nantinya jurnal penyesuaian ditaruh tersendiri di periode 13. Jika sudah selesai klik Next.
5. Masuk ke bagian Konfirmasi.
Dibagian ini anda diminta untuk mengecek lagi informasi akuntansi perusahaan. Karena dibagian ini nantinya jika ditemukan kesalahan, anda tidak bisa memperbaikinya. Anda harus mengulang pekerjaan dari awal (membuat data perusahaan baru). Jadi, alangkah baiknya jika bagian ini dicek dan diteliti sebelum dilanjutkan. Jika sudah dirasa benar bisa klik Next.
6. Masuk ke bagian "Account List".
Dibagian ini kita diminta untuk memilih salah satu cara dalam pembuatan daftar akun. Terdapat tiga pilihan, yang pertama adalah kita memulai dengan daftar akun yang sudah disediakan oleh MYOB. Yang kedua, kita memulai dengan cara mengimpor akun yang sudah disediakan. Yang ketiga, kita memulai dengan cara membuat daftar akun sendiri. Jika sudah menentukan pilihan langsung klik Next.
7. Masuk ke bagian "Company File".
Dibagian ini kita diminta untuk memilih tempat dimana kita akan menaruh file pekerjaan/data perusahaan ini. Dengan cara klik Change untuk merubah tempat penyimpanan. Untuk pemilihan tempat penyimpanan bersifat bebas atau terdapat peraturan harus disimpan dimana. Jika sudah menentukan tempat penyimpanannya bisa di klik Save.
Selanjutnya di klik Next.
8. Masuk ke bagian "Conclusion".
Dibagian ini terdapat dua pilihan, "Setup Assistant" dan "Command Centre". Setup Assistant bisa dipilih jika ingin melakukan penyetingan kebijakan perusahaan lagi. Untuk Command Centre akan diarahkan langsung ke menu-menu dalam pengerjaan MYOB. Berikut ini tampilan Command Centre.
Sampai tahap ini anda sudah berhasil membuat data perusahaan baru.

Mengakhiri Program MYOB Accounting Plus v18 ED
Untuk mengakhiri anda ikuti langkah sebagai berikut:
1. Klik file > Exit
2. Kotak dialog konfirmasi untuk membackup file, klik tombol No.

Membuka File MYOB
1. Buka program MYOB Accounting Plus v18 ED
2. Pada kotak informasi klik tombol Open.  
3. Cari file data perusahaan yang ingin dibuka
4. Jika sudah ketemu klik Open atau Double klik.
5. Jika anda tidak menyeting User ID dan Password maka bisa langsung klik OK. Jika di data anda menyeting User ID dan Password maka diisikan dulu sesuai dengan setiingan anda.

Demikian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar