Transaksi Rekonsiliasi dan Transaksi Penyesuaian


Secara garis besar, dalam bab kali ini akan mempelajari 2 hal. Yaitu tentang transaksi rekonsiliasi dan transaksi penyesuaian.secara lebih detail akan kita bahas ke poinnya masing-masing


Transaksi Rekonsiliasi Bank
Rekonsiliasi bank adalah sebuah rangkaian catatan informasi yang menjelaskan tentang perbedaan-perbedaan kas. Seperti perbedaan antara catatan bank dengan catatan kas nasabah. Apabila perbedaan muncul dari transaksi nasabah yang belum dicatat oleh bank, catatan bank nasabah yang benar. Sebaliknya, jika perbedaan disebabkan oleh catatan di pos-pos lain, maka catatan bank maupun perusahaan harus dilakukan penyesuaian. Ada pula yang mengartikan kalau rekonsiliasi bank adalah sebentuk verifikasi dalam bentuk proses pencocokan data saldo perusahaan dengan catatan informasi terkait laporan perbankan.

Biasanya, kita melakukan proses rekonsiliasi adalah ketika di soal/kasus disediakan rekening koran. Karena ini digunakan untuk mencocokkan kas yang ada. Cara untuk memproses rekonsiliasi adalah masuk menu Banking > Reconcile Accounts.

Account dipilih dengan akun yang akan direkonsiliasi. Biasanya akun bank. New Statement Balance diisikan dengan saldo terakhir di rekening koran yang sudah disediakan. Bank Statement Date diisikan dengan tanggal terakhir yang tertera di rekening koran. Jika Date sudah diisi, nanti akan keluar transaksi-transaksi yang berkaitan dengan akun yang kita pilih tadi. Dibagian Last Reconciled Date jika sudah keluar tanggalnya, berarti pekerjaan MYOB kalian sudah pernah melakukan proses rekonsiliasi. Jika belum keluar tanggalnya, berarti belum pernah melakukan rekonsiliasi.


Langkah selanjutnya adalah kita melakukan proses pemberian centang. Yang kita centang adalah transaksi yang sama seperti di rekening korannya. Biasanya nanti ada transaksi yang tidak tercentang dan ada transaksi yang belum ada. Jika dalam proses pengerjaan sudah benar, alasan kenapa ada transaksi yang tidak tercentang adalah karena transaksi tersebut sudah dicatat oleh perusahaan tapi belum dicatat oleh pihak bank. Ini efek dari cek yang diterima atau dikeluarkan belum dicairkan ke bank. Apabila sudah dicairkan, bank akan mencatat pada rekening giro perusahaan. Untuk kasus transaksi yang belum masuk akan kita bahas setelah ini.

Biasanya terdapat dua transaksi yang belum dientri. Transaksi tersebut adalah pendapatan jasa giro dan biaya administrasi bank. Cara mengentri transaksi tersebut dengan masuk menu Bank Entry yang ada dibawah.

Setelah masuk menu Bank Entry, terdapat 2 bagian. Bagian atas untuk mengentri biaya administrasi dan bagian bawah untuk mengentri jasa giro. Amount diisikan dengan nominalnya. ID # diisi dengan nomor bukti transaksi. Date diisikan dengan tanggal bukti transaksi. Expense Account/Income Account dipilih akunnya. Memo diisikan dengan keterangan transaksinya. Dipastikan dalam pengisian ini benar, karena tidak seperti biasanya kita bisa melihat rekapannya. Jika sudah benar bisa kita klik Record.

Jika dua transaksi tersebut sudah masuk, maka Out of Balance akan menjadi nol. Selanjutnya klik Reconcile.

Selanjutnya klik Reconcile lagi

Transaksi Penyesuaian
Terdapat beberapa metode yang dilakukan saat mengerjakan transaksi penyesuaian. Cara mengerjakannya adalah kalian pilih menu Account > Record Journal Entry.

Pada bagian ini cara mengerjakannya adalah tinggal membayangkan bentuk jurnal manualnya seperti apa. Jika sudah terbayang maka tinggal menyamakan saja bentuknya. General Journal # diisikan dengan nomor bukti transaksinya. Date diisikan dengan tanggal transaksinya. Dan jangan lupa, karena kita menggunakan periode 13, maka tanggalnya diberi simbol bintang (*) terlebih dahulu. Contoh pengetikan tanggal adalah *31/12/14. Memo bisa diisikan dengan keterangan transaksinya. Lalu ke bagian tabel, seperti yang saya jelaskan tadi, dibagian ini harus bisa membayangkan bentuk jurnal manualnya. Karena disini nanti kalian memilih akun sendiri dan mengisi nominalnya sendiri.

Jika kita mengentri transaksi seperti diatas, maka hasil rekapannya bisa dilihat dengan menekan CTRL+R dan hasilnya seperti dibawah ini.

Jika sudah benar maka klik OK dan Record.

Yang kedua adalah transaksi penyesuaian perlengkapan yang tersisa. Dimana disini kalian diberi informasi tentang jumlah barang yang tersisa ada berapa. Caranya berbeda dengan yang pertama, yaitu masuk ke menu Inventory > Count Inventory.

Ketikkan jumlah perlengkapan yang tersisa pada kolom Counted. Lalu klik Adjust Inventory.

Isi akun Store Supplies Expense pada Default Adjustment Account. Lalu klik Continue.

Isi nomor transaksi, tanggal dan memo.

Tekan CTR:+R untuk melihat rekapannya.
Jika sudah benar maka klik OK dan Record

Contoh yang ketiga adalah transaksi penyesuaian phisik persediaan barang dagangan. Caranya masuk menu Inventory > Count Inventory.

Isi total barang yang tersisa pada kolom Counted. Dan nanti hasil dikolom Difference-nya menjadi sama jumlahnya seperti di bukti transaksi. Jika sudah klik Adjust Inventory.

Pada kolom Default Adjustment Account pilih akun Spoilage Expense. Lalu klik Continue.

Isikan nomor bukti transaksi, tanggal dan memo.

Tekan CTRL+R juntuk melihat rekapannya

Jika sudah benar maka klik OK dan Record.

Contoh keempat, ketika ada transaksi penyesuaian kerugian piutang dan asuransi dibayar dimuka. Langkah adalah kita menampilkan Trial Balance terlebih dahulu untuk melihat saldo piutang, cadangan kerugian piutang dan asuransi dibayar dimuka. Klik Report > Index to Reports

Masuk ke tab Accounts > Trial Balance > Customize

Selected Periode dipilih periode terakhir lalu klik display

Nanti akan tampil saldo dari tiap-tiap akun seperti dibawah ini.

Disini kita akan menghitung beberapa akun. Yang pertama adalah kita lihat di bukti transaksi berapa persen kerugian piutangnya ditaksir. Cara menghitungnya adalah piutang dikalikan taksiran kerugian piutang(%) dikurangi cadangan kerugian piutang nanti akan menghasilkan kerugian piutang yang menjadi beban di tahun 2014. Untuk asuransi dibayar dimuka kita tinggal melihat saldo/nominal yang tertera di akunnya. Jika sudah selesai kita hitung, kita masuk ke Accounts > Record Journal Entry. Dan isikan General Journal # sesuai nomor bukti transaksi. Date diisikan dengan simbol bintang dan tanggal dibukti transaksinya. Memo diisikan dengan keterangan dibukti transaksi. Untuk tabel dibawahnya silahkan kalian bentuk seperti jurnal umum di manualnya.

Contoh kelima, ketika ada transaksi penyesuaian tagihan di bulan desember tetapi dibayarkan dibulan januari tahun berikutnya. Caranya adalah masuk ke menu Accounts > Record Journal Entry.

Setelah itu cara mengerjakannya sama dengan contoh penyesuaian yang pertama yaitu membayangkan bentuk jurnal umum dimanualnya seperti apa

Contoh keenam, ketika ada transaksi penyusutan aktiva tetap. Caranya masih sama yaitu Account > Record Journal Entry. Seperti contoh penyesuaian pertama yaitu membayangkan bentuk jurnal umum manualnya.

Contoh ketujuh, ketika ada transaksi penyesuaian PPN dan Pajak Penghasilan. Pertama kita mengerjakan yang PPN terlebih dahulu. Langkah awal sama seperti contoh penyesuaian keempat. Yaitu masuk ke Report > Index to Report > Account > Trial Balance > Display.

Dilihat saldo PPN Income dan PPN Outcome jika perlu bisa ditulis. Jika sudah masuk ke Account > record Journal Entry. Bagian atasnya tabel pengentrian sama pada umumnya. Untuk tabelnya, dipilih akun PPN Outcome, PPN Income dan PPN Payable. Saldo-saldo tadi kalian ketik dikolom Debit dan Kredit. Dan untuk nominal PPN Payable didapat dari selisih antara PPN Income dan PPN Outcome.

Yang kedua untuk Pajak Penghasilan. Penyesuaian berdasarkan PP No. 46 dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut. Report > Indext to Report > Account General Ledger (Detail) > Customize.

Klik pada bagian Accounts lalu pilih akun yang berkaitan dengan penghasilan. Lalu klik diakun yang dibutuhkan. Semisal keterangannya peredaran bruto tanpa potongan penjualan, maka yang diklik adalah akun penjualan dan retur penjualan. Lalu klik OK.

Selanjutnya adalah memilih tanggal, pilihlan sesuai periode yang ada di bukti transaksi. Jika dibukti transaksi memilih bulan desember. Maka buatlah dated from 01/12/2014 dan to *31/12/2014. Lalu klik display.

Nanti akan ditampilkan saldo sales dan sales return seperti yang kalian pilih.


Perhitungan Pajak Penghasilan PP No. 46 adalah 1% x peredaran bruto tanpa potongan penjualan. Jadi perhitungan pajaknya adalah kita cari terlebih dahulu peredaran brutonya dengan cara sales-sales return. Jika sudah maka pajaknya = 1% x peredaran bruto tadi. Jika sudah ditemukan pajaknya maka masuk ke Account > Record Jornal Entry dan proses seperti penyesuaian biasanya.




Demikian materi transaksi rekonsiliasi dan penyesuaian. Semoga dapat membantu memahami penggunaan aplikasi MYOB.

Catatan: semua materi ini berdasarkan MYOB Accounting Plus v18 ED


Tidak ada komentar:

Posting Komentar