Secara garis besar, dalam
bab kali ini akan mempelajari 2 hal. Yaitu tentang transaksi pembelian dan
transaksi pembayaran utang. Transaksi pembelian sendiri mencakup pembelian
kredit, pembelian tunai, retur pembelian dan-lain-lain. Sedangkan materi
transaksi pembayaran utang sendiri mencakup pembayaran utang tanpa
diskon/denda, pembayaran utang dengan diskon dan pembayaran utang dengan denda.
Transaksi
Order Pembelian
Transaksi order pembelian
disini sedikit berbeda dengan transaksi pembelian biasanya. Maksud order disini
adalah baru sebatas memesan. Belum pasti nantinya akan dibeli atau tidak.
Langkah-langkah mengentri transaksi order pembelian adalah sebagai berikut:
Pada tampilan Command
Centre pilih Purchase > Enter Purchase
Karena kita akan
mengentri transaksi order pembelian, maka dibagian kiri atas yang bertuliskan
“BILL” jangan lupa kita rubah dulu menjadi “ORDER”.
Nanti warna background
akan berubah warna menjadi kuning.
Keterangan:
Supplier = kita pilih
sesuai pemasok yang ada di bukti transaksi.
Terms = kita biarkan ada
terminnya.
Tax
Inclusive = jangan lupa centangannya dihilangi .
Purchase#
= kita isikan dengan nomor di bukti transaksi.
Date =
diisi dengan tanggal di bukti transaksi.
Kolom
Order = diisikan dengan jumlah barang yang ingin dipesan.
Kolom
Item Number = dipilih dengan kode barang yang ingin dipesan.
Kolom
Description = akan otomatis terisi ketika kita sudah memilih kode barang.
Kolom
Price = diisikan dengan harga satuan barang yang ingin dipesan.
Kolom
Disc% = dikosongi
Kolom
Total = otomatis terisi ketika kolom Order dan kolom Price sudah terisi.
Kolom
Job = dikosongi
Kolom
Tax = dipilih sesuai dengan kode pajak yang dipakai.
Subtotal
= otomatis terisi
Freight
= dikosongi
Tax =
otomatis terisi sesuai dengan kode pajak yang dipilih
Total
Amount = otomatis terisi
Paid
Today = dikosongi
Jika
sudah dan dirasa benar, langsung klik Record. Transaksi order tidak bisa kita
lihat transaksinya, karena transaksi order masih tahap pemesanan. Belum bisa
dipastikan karena bisa saja tidak jadi. Jika keluar pemberitahuan tentang
“Would you like to change the tax code used?” pilih saja No. karena kita tidak
ingin mengganti kode pajak.
Transaksi
Penerimaan Barang
Digunakan untuk mengentri
transaksi penerimaan hasil orderan yang dilakukan jika statusnya sudah jadi
beli. Langkah-langkah mengentri transaksi penerimaan barang adalah sebagai
berikut:
Pada tampilan Command
Centre pilih Purchase > Enter Purchase
Lalu
pilih Register
Pilih
tab Order. Ganti tanggal di Dated Fromnya sesuai dengan tanggal terjadinya
transaksi order. Nanti akan keluar transaksi ordernya. Dipilih transaksi
ordernya lalu pilih “Change to Bill”.
Selanjutnya
akan ditampilkan transaksi yang disorder sebelumnya. Disesuaikan jika ada yang
perlu disesuaikan seperti tanggal, kode bukti transaksi dll.
Tekan
tombol CTRL+R untuk memastikan rekap transaksinya apakah sudah benar dengan di
bukti transaksi atau belum. Jika sudah bisa di klik OK kemudian Record. Jika keluar
pemberitahuan tentang “Would you like to change the tax code used?” pilih saja
No. karena kita tidak ingin mengganti kode pajak. Jika keluar juga
pemberitahuan “This purchase is pre-dated. Click Cancel if you do not wish to
record it.” Pilih OK.
Transaksi
penerimaan sudah tercatat tetapi belum terjadi pembayaran. Jika statusnya
langsung dibayar, maka dapat memilih menu Purchase > Pay Bills.
Kita
akan diarahkan ke tampilan Pay Bills
Keterangan:
Pay
from Account = dipilih sesuai dengan kebijakan perusahaan dalam pengeluaran.
Akrena pembayaran termasuk golongan pengeluaran.
Supplier
= dipilih dengan pemasok yang akan kita bayarkan.
Memo =
bisa diisikan dengan keterangan transaksi.
Cheque
No. = diisikan dengan nomor di bukti transaksi
Date =
diisikan dengan tanggal di bukti transaksi.
Amount
= diisikan dengan jumlah yang dibayarkan di bukti transaksi.
Dibagian
kolom akan otomatis keluar transaksi yang belum dibayarkan ke pemasok yang
sudah kita pilih. Selanjutnya pilih transaksi yang akan kita bayarkan sesuai
dengan bukti transaksinya jika terdapat lebih dari satu transaksi.
Kolom
Discount = dikosongi karena transaksinya tidak ada diskon.
Pastikan
kolom Out of Balance sudah bersaldo nol. Tekan CTRL+R untuk melihat rekapan
transaksi. Jika sudah benar maka klik OK lalu Record.
Transaksi Pembelian Kredit
Sebagai
panduan pembelian kredit disini akan diberikan contoh pembelian kredit yang
menggunakan uang muka. Jika ada transaksi pembelian kredit tanpa uang muka,
maka pencatatan uang mukanya tidak perlu dilakukan. Langkah-langkah pencatatan
pembelian kredit adalah Purchase > Enter Purchase
Pastikan
dipojok kiri atas statusnya sudah “BILL” karena pembelian kredit statusnya
sudah pasti beli tapi tidak langsung dibayar. Termin yang tertera juga sudah
sesuai dengan di bukti transaksinya. Pada saat mencatat uang muka(Deposit Paid)
dapat dilakukan dengan cara mengisi kolom Bill dengan minus satu (-1) lalu tab
sampai muncul List Item seperti gambar berikut, klik New.
Setelah
klik new, nanti kita membuat item untuk menampung akun Deposit Paid. Caranya
adalah:
-ketik
item number, sebetulnya ini bebas, tapi biasanya karena ini termasuk uang muka
pembelian barang dagangan maka kodenya kita buat mirip seperti barang dagangan
lainnya. Bedanya adalah kita urutkan nomornya dengan nomor yang belum dipakai.
-untuk
kolom name diisikan sama dengan nama akunnya yaitu deposit paid.
-centang
I buy this item dan link-kan dengan akun deposit paid. Kenapa Cuma I buy this
item, karena uang mukanya adalah untuk pembelian.
Menuju
ke tab buying details lalu ganti kode pajak menjadi PPN. Lalu klik OK
Isi
jumlah uang muka sejajar dengan deposit paid. Jika terdapat biaya angkut jangan
lupa isikan kolom freight.
Pastikan
total amount-nya sesuai dengan bukti transaksi. Jika sudah silahkan tekan
CTRL+R untuk melihat rekapan. Setelah benar maka klik OK lalu Record. Jika
keluar pemberitahuan tentang “Would you like to change the tax code used?”
pilih saja No. karena kita tidak ingin mengganti kode pajak.
Itu
tadi untuk mengentri transaksi pembelian kredit yang menggunakan uang muka.
Jika ada transaksi pembelian kredit tanpa uang muka, maka tidak usah melakukan
proses pembuatan deposit paid tadi.
Transaksi Pembelian Tunai
Disini
akan saya berikan penjelasan dimana transaksi pembelian tunainya terdapat
diskon. Jika dikemudian hari anda mendapati transaksi pembelian tunai tanpa
diskon, maka cara yang ada hubungannya dengan diskon tidak perlu diikuti.
Langkah awalnya sama, yaitu pilih Purchase > Enter Purchase.
Pilih
pemasoknya dari siapa kita membeli barang dagangannya. Pastikan term terpilih
COD. Karena pembelian tunai menggunakan kode COD. Tas inclusive jangan lupa
dihilangkan centangannya. Isikan Purchase # dan Date sesuai dengan nomor dan
tanggal di bukti transaksinya. Untuk tabelnya diisikan seperti biasa, kolom
Bill diisikan dengan jumlah barang, kolom Item Number dipilih kode barangnya,
kolom Price dipastikan harganya sama dengan di bukti transaksi, kolom Total
akan otomatis terisi. Untuk mencatat diskon, kita bisa menggunakan cara seperti
deposit paid tadi. Tapi disini saya akan menunjukkan cara yang lain. Yaitu kita
menumpang di kolom freight. Jadi kolom freight-nya kita isikan minus nominal
diskonnya (-300000) semisal diskonnya Rp. 300.000,-. Jangan lupa kode pajak
freightnya dipilih N-T. Setelah itu jangan lupa paid today diisi dengan total
yang harus dibayarkan karena ini transaksi tunai. Dan balance due menjadi nol.
Setelah
semuanya terisi, langkah selanjutnya adalah merubah link dibagian purchase
account. Dengan cara setup > linked account > purchase account.
Kita
rubah link bagian I pay freight on purchase menjadi akun purchase discount.
Karena kita menumpang nominal diskon di kolom freight. Jika sudah klik OK
Selanjutnya
tekan CTRL+R dan dipastikan sudah keluar akun purchase discount-nya. Pastikan
juga bentuk jurnalnya sudah benar. Jika sudah bisa klik OK dan Record. Jika
keluar pemberitahuan tentang “Would you like to change the tax code used?”
pilih saja No. karena kita tidak ingin mengganti kode pajak. Keluar
pemberitahuan lagi, klik OK jika sudah dirasa benar. Jangan lupa untuk langsung
mengembalikan link bagian freight yang sempat kita rubah menjadi purchase
discount. Dan dikembalikan lagi dengan freight paid/freight in.
Transaksi Retur Pembelian
Langkah-langkah
mencatat retur pembelian adalah Purchase > Enter Purchase
Isikan
Purchase Bill dengan dengan nama pemasok, nomor dokumen transaksi, dan tanggal.
Pengisian barang yang dikembalikan (retur) adalah dengan cara mengisi tanda
minus (-) diawal jumlah barang. Tekan CTRL+R dan dipastikan sudah benar. Jika
sudah benar klik OK dan kemudian Record.
Setelah
klik Record, lalu klik Register.
Retur
pembelian ini menyebabkan utang darang menjadi berkurang, untuk mencatat
pengurangan utang dapat dilakukan dengan cara masuk tab Returns & Debits.
Pilih salah satu transaksi utang sesuai dengan bukti transaksi jika lebih dari
satu. Selanjutnya, jika returnya dari hasil pembelian tunai gunakan menu
Receive Refund. Jika returnya hasil dari pembelian kredit maka pilih Apply to
Purchase.
Ganti
ID # dan Date sesuai nomor dan tanggal di bukti transaksi. Kosongkan diskon karena
tidak ada diskonnya. Silahkan tab terus sampai di kolom finance charge dan
pastikan Out of Balance sudah nol kemudian klik Record.
Transaksi Pembayaran Utang dengan
Potongan/Diskon
Langkah-langkah
untuk mencatat transaksi pembayaran utang adalah dengan cara Purchase > Pay
Bills
Pastikan
Pay form Account-nya terpilih akun sesuai kebijakan pengeluaran perusahaan. Pilih
pemasoknya, nomor bukti transaksi, tanggal, Amount dan memo pada kolom yang
tersedia sesuai bukti transaksinya. Jika didalam tabel terdapat lebih dari satu
transaksi, maka pilih yang sesuai dengan bukti transaksinya. Jangan lupa bagian
diskon dicek terlebih dahulu. Klik Amount Applied dan pastikan Amount of
Balance sudah nol.
Jika sudah
tekan CTRL+R dilihat rekapannya, pastikan sudah ada diskonnya dan sesuai dengan
bukti transaksinya. Selanjutnya klik OK dan Record. Pilih print later jika
tidak ingin di-print hasilnya.
Transaksi Pembayaran Utang Tanpa
Potongan dan Denda
Proses awalnya
sama, Purchase > Pay Bills
Isi
pemasok, nomor transaksi, tanggal dan jumlah yang dibayarkan. Tekan tab
berulang kali sampai berada di kolom finance charge dan terlihat Out of Balance
nol.
Tekan CTRL+R
untuk melihat hasil rekapannya. Jika sudah benar klik OK dan Record
Transaksi
Pembayaran Utang dengan Denda Keterlambatan
Langkah-langkah
awalnya sama yaitu Purchase > Pay Bills.
Isikan
pemasoknya, nomor bukti transaksi, tanggal, dan total yang harus dibayar sesuai
dengan bukti transaksinya. Tekan tab terus sampai dikolom finance charge. Dipastikan
Amount Applied-nya sesuai dengan utangnya dan finance charge sesuai dengan
jumlah dendanya. Dan dibagian Out of Balance sudah nol.
Tekan
CTRL+R untuk melihat hasil rekapannya. Jika sudah benar klik OK dan Record
Demikian materi transaksi
pembelian dan transaksi pembayaran utang. semoga dapat membantu memahami
penggunaan aplikasi MYOB.
Catatan: semua materi
ini berdasarkan MYOB Accounting Plus v18 ED
Tidak ada komentar:
Posting Komentar