Secara garis besar, dalam
bab kali ini akan mempelajari tentang pembuatan laporan keuangan. Biasanya dalam pengerjaan MYOB, kita diminta
untuk membuat laporan laba/rugi, laporan neraca dan laporan arus kas. Selain 3
laporan keuangan tersebut. Selain 3 laporan keuangan, akan saya tambahkan
tentang pembuatan jurnal-jurnal kedalam bentuk PDF.
Laporan
Laba Rugi
Laporan ini berkaitan
dengan pendapatan, beban dan laba-rugi perusahaan dalam periode tertentu.
Caranya adalah kita masuk ke menu Report > Index to Report
Pilih Account > Profit
& Loss [Accrual] > Customize
“Dated from” dan “to”
dipilih tanggal sesuai perintah di soal. Tapi biasanya diminta ditampilkan
selama setahun. Setelah itu klik display.
Dan nanti akan tampil
laporan laba/rugi. Klik Send To dan pilih PDF untuk menyimpan laporan ini dalam
bentuk PDF. Lalu pilih folder tempat untuk menyimpan laporan laba rugimu.
Laporan
Neraca
laporan yang
menggambarkan posisi keuangan dari suatu perusahaan yang meliputi harta/aktiva,
utang/kewajiban dan modal/ekuitas. Caranya sama, masih dimenu Report >
Indext to Report > Account > Standar Balance Sheet > Customize.
Selected period dipilih
“13th Period” karena kita menggunakan periode 13 pada contoh kasus
ini. Lalu klik Display.
Dan nanti akan tampil
laporan neraca. Klik Send To dan pilih PDF untuk menyimpan laporan ini dalam
bentuk PDF. Lalu pilih folder tempat untuk menyimpan laporan neraca.
Laporan
Arus Kas
Adalah laporan keuangan
yang menunjukkna semua aspek yang berkaitan dengan kegiatan perusahaan, baik
berpengaruh langsung atau tidak terhadap kas. Caranya adalah menu Report >
Indext to Report > Banking > Statement of Cash Flow > Customize.
Dated From bisa dipilih
“January” To “13th Period” jika di soal/kasus meminta menampilkan
laporan arus kas selama setahun. Atau juga dapat dipilih tanggalnya sesuai
keinginan. Jika sudah bisa di klik display.
Nanti akan tampil laporan
arus kas. Klik Send To dan pilih PDF untuk menyimpan laporan ini dalam bentuk
PDF. Lalu pilih folder tempat untuk menyimpan laporan arus kas.
Itu tadi untuk laporan
keuangan. Yang sekarang adalah jurnal-jurnalnya. Biasanya jurnal-juranl ini
juga diminta saat mengerjakan menggunakan MYOB. Jurnal pertama adalah “General
Journal”. Masuk menu Report > Indext to Report > Account > General
Journal > Customize.
Pemilihan Dated From dan
To bisa meniru tanggal di gambar bawah ini atau disesuaikan dengan
soal/kasusnya. Jika sudah klik Display.
Nanti akan ditampilkan
jurnal umum. Klik Send To yang ada dibawah lalu pilih PDF. Simpan jurnal umum
ditempat yang ditentukan.
Jurnal yang kedua adalah
“Cash Disbursement”. Langkah awal sama, tetapi masuk ke Banking > Cash
Disbursement > Customize.
Pilih Dated From dan To
sesuai yang diinginkan atau seperti gambar dibawah ini. Lalu klik display.
Nanti akan ditampilkan
jurnal Cash Disbursement. Klik Send To dibawah lalu pilih PDF. Simpan jurnalnya
ke folder yang ditentukan.
Yang ketiga adalah jurnal
“Cash Receipt”. Hampir sama masuk Banking > Cash Receipts > Customize.
Pemilihan Dated From dan
To sama seperti sebelumnya. Lalu klik Display.
Nanti akan tampil jurnal
Cash Receipts. Klik Send To lalu pilif PDF. Simpan jurnal Cash Receipts
ditempat yang sudah ditentukan.
Yang keempat adalah
jurnal Sales & Receivables. Masuk ke Sales > Sales & Receivables
Journal > Customize.
Dipilih penanggalannya
sesuai yang ditentukan/diinginkan. Jika sudah klik display.
Nanti akan ditampilkan
jurnal Sales & Receivables. Klik Send To lalu pilih PDF. Simpan di tempat
yang sudah ditentukan.
Jurnal kelima adalah
Purchase & Payable Journal. Klik menu Purchase > Purchase & Payable
Journal > Customize.
Pilih Dated From dan To
sesuai dengan yang ditentukan/diinginkan. Lalu klik Display.
Nanti jurnal Purchase
& Payable akan ditampilkan. Klik Send To lalu pilih PDF. Simpan jurnal
ditempat yang sudah ditentukan.
Jurnal keenam adalah
Inventory Journal. Masuk ke menu Inventory > Inventory Journal >
Customize.
Pilih tanggal sesuai
dengan yang ditentukan/diinginkan. Lalu klik Display.
Nanti akan ditampilkan
Inventry Journal. Klik Send To pilih PDF. Lalu simpan jurnalnya ke folder yang
sudah ditentukan.
Demikian materi laporan
keuangan. Semoga dapat membantu memahami penggunaan aplikasi MYOB.
Catatan: semua materi
ini berdasarkan MYOB Accounting Plus v18 ED
Tidak ada komentar:
Posting Komentar